Viral, Ustadzah Salah Tulis Ayat Al Qur'an Saat Tampil di TV Nasional

December 05, 2017


ULAULU.COM - Warganet dihebohkan dengan kesalahan fatal video dakwah oleh seorang penceramah wanita, Nani Handayani, di sebuah televisi swasta nasional. Dia menulis ayat Alquran yang dinilai banyak salah huruf dan tanda baca atau harakatnya, yang berakibat pada kesalahan maknanya.

Ada dua tangkapan layar (screenshot) foto saat Nani menuliskan penggalan ayat Alquran yang tersebar di media sosial seperti Facebook. Ayat itu ditulis dengan huruf Arab, bukan terjemahan Indonesianya. Yakni foto saat sang ustazah menuliskan ayat Alquran "Innash sholaata tanhaa' anil-fahsyaa'i wal-munkar". Secara harfiah, ayat ini berarti "Sesungguhnya salat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar".

Alumnus program doktoral Sastra dan Bahasa Arab di Arab Studies and Research Arab League Institute Cairo Mesir, Dr. Miftah Rahman El-Banjary, MA mengatakan bahwa stasiun yang mengundang ustadzah Nani Handayani juga harus bertanggung jawab. Menurutnya, media juga harus mampu menyeleksi pengisi maupun kontennya.

“Tapi jika kesalahan dari pemateri di sebuah media atau stasiun televisi, maka media itu juga harus turut bertanggung jawab. Disebabkan lolos menyeleksi kontennya atau pengisi konten tersebut. Dan media juga harus segera mengklarifikasi dan meminta maaf,” katanya seperti dikutip dari laman Facebooknya pada, Selasa (05/12/2017).

Permintaan maaf telah disampaikan langsung oleh ustadzah Nani Handayani. Namun Miftah El-Banjary melihat bahwa pihak televisi juga harus meminta maaf. Pasalnya, tidak terlebih dahulu memeriksa bahan yang akan disampaikan oleh pemateri.

“Beredar tabayun dari yang bersangkutan, tapi kok kenapa sudah berulang ada kesalahan ayat Al-Qur’an lainnya pun ada kesalahan yang bervariasi,” tuturnya.

“Jadi agak membingungkan jika alasannya itu murni kesalahan si media atau stasiun yang menayangkan. Biasanya operator TV hanya menerima bahan dari si pemateri, ” sambungnya.

Sebelumnya, acara Syiar Kemuliaan yang ditayangkan oleh Metro TV menjadi perhatian oleh warganet. Dalam acara tersebut, pemateri Ustadzah Nani Handayani salah dalam menulis potongan ayat Al Quran. Ustadzah Nani sendiri telah meminta maaf dan mengakui bahwa kesalahan tersebut tak disengaja.


Sumber: viva.com, kiblat.net

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments