Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

December 03, 2017


ULAULU.COM, (04/12/2017). Biar tetap aktif selama musim hujan dan terhindar dari berbagai penyakit, berikut beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan:

1. Prepare your rain gear
Sedia payung sebelum hujan. Literally. Tetesan hujan yang mengenai tubuh (apalagi jika membuat tubuh basah kuyup), mampu mengubah temperatur tubuh yang berujung kepada flu dan batuk. Tak hanya itu, air kotor dari selokan yang tersumbat atau genangan air lainnya juga berbahaya begitu bagian tubuh Anda terendam di dalamnya. Bakteri akan mengontaminasi tubuh Anda melalui kulit. Selalu lindungi tubuh Anda dengan payung atau tutupi tubuh Anda dengan jaket dan boots. 

2. Segera mandi
Saran bergegas mandi setelah terkena air hujan memang terkesan dibuat-buat. Namun sebenarnya saran ini masuk akal. Air hujan membuat temperatur tubuh Anda naik. Membasuh tubuh dengan air bersih mampu menstabilkan suhu tubuh dingin secara bertahap ke suhu normal. Kuman yang menempel pada kulit pun diharapkan dapat hanyut terbawa air pancur.

3. Mencuci tangan
Hampir semua aktivitas sehari-hari menggunakan tangan. Tak heran jika tangan adalah gerbang sukses bagi kuman untuk hinggap ke tubuh manusia. Di tiap kesempatan, cucilah tangan Anda memakai sabun dengan air yang mengalir. Gosok mulai dari sela-sela jari, bagian bawah ujung kuku, hingga punggung tangan. Selain itu, hindari gerakan menyentuh bagian wajah dengan tangan secara langsung karena kuman akan tersebar melalui mata, hidung, dan mulut. Sebaiknya gunakan tisu atau sapu tangan.

4. Minum vitamin C
Baik dari bentuk alaminya seperti buah-buahan maupun dari suplemen penambah vitamin C, mengonsumsi rutin zat ini mampu mengaktifkan antibodi dan menangkis virus flu dan batuk. 

5. Khasiat sup
Sup hangat juga mampu menstabilkan suhu tubuh dan mengurangi gemetar akibat kedinginan. Dengan memakan sup, maka tenggorokan dan rongga pernapasan akan terasa hangat dan lega secara instan, serta meluruhkan bakteri ke sistem ekskresi tubuh. Meminum teh herbals, susu atau kopi hangat juga bisa menjadi pertolongan pertama untuk menghangatkan tubuh.

6. Limit your alcohol
Terkadang Anda mencari jalan pintas dengan menikmati minuman beralkohol untuk menghangatkan tubuh. Namun waspadai efek sampingnya. Minuman beralkohol dapat menciptakan dehidrasi. Dengan hilangnya cairan tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan melemah dan memperlambat prosesnya pemulihan tubuh dari serangan virus.

7. Serba matang
Hindari air minum yang tidak matang. Pastikan air direbus terlebih dahulu atau minum dari air kemasan/galonan yang terpercaya. Kurangi makanan mentah yang belum dicuci dan diolah karena berpotensi besar sebagai sarangnya bakteri. Sementara itu, hindari juga es batu yang terbuat dari air mentah/air keran.

8. Clean your surroundings
Satu hal yang harus dihindari di musim hujan adalah nyamuk. Basmi segala tempat berkembangbiaknya si nyamuk. Bersihkan seluruh celah dan sudut tempat air tersumbat yang membuat air tergenang. Perhatikan juga segala pot, ember, atau wadah air lainnya yang dibiarkan lama terbuka dalam keadaan lembap, karena nyamuk penyebab demam berdarah mungkin bisa lahir di sini. Terapkan sistem 3M (menutup, mengubur, menguras) pada perlengkapan yang berhubungan dengan air, pembuangan kotoran, dan sampah.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments